Factor-faktor yang mempengaruhi perkembangan
Posted by
elektronika
at
4:06 AM
eFactor-faktor yang mempengaruhi perkembangan terdapat beberapa aliranya itu:
1. Aliran Nativisme
Aliran nativisme mengatakan bahwa perkembanagan individu itu semata-mata ditentukan oleh factor-faktor yang dibawa sejak lahir (natus).anak sejak lahir membawa sifat-sifat dan dasar-dasar tertentu yang dinamakan sifat bawaan.
Para ahli yang mengikuti paham nativisme menunjukan berbagai kemiripan dan kesamaan antara orang tua dan anaknya,misalnya jika ayahnya seorang musisi yang pandai memainkan musik maka bakat seni akan mengalir pada anaknya sehinga anaknya pun bisa atau pandai bermain musik.keistimewaan yang dimiliki orangtua pasti dimiliki oleh anaknya.
Sifat bawaan tersebut mempunyai peranan penting dalam perkembangan individu.pendidikan dan lingkungan tidak ada pengaruhnya terhadap perkembangan anak akibatnya para ahli mempunyai pandangan pesimistis terhadap pengaruh pendidikan
2. Aliran Emperisme
Menurut aliaran Emperisme bahwa perkembangan individu itu semata-mata ditentukan oleh factor dari luar(lingkungan).sedangkan pembawaan tidak memeiliki peranan sama sekali.Tokoh aliran emperisme adalah Jhon locke(1632-1704)yang terkenal dengan teori “tabularasa”ia mengatakan bahwa anak yang lahirdidunia seperti kertas putih yang belum terdapat coretan,akan dijadikan apa kertas itu terserah kepada yang menulisnya.
Aliran emperisme menimbulkan optimisme dalam bidang pendidikan.segala sesuatu yang terdapat pada manusia dapat diubah oleh pendidikan seperti watak,sikap,dan tingkah laku manusia dapat diubah dengan pendidikan.pendidikan dipandang mempunyai pengaruh yang tak terbatas.
Keburukan yang timbul dari pandangan ini adalah anak tidak diperlakukan sebagai anak ,tetapi diperlakukan menurut keinginan orang dewasa,pribadi anak sering diabaikan dan kepentinganyadilalaikan.
3. Aliran Konvergensi
Aliran yang tampak menengahi kedua pendapat aliran yang ekstrem di atas adalah “aliran konvergensi” dengan tokohnya yang terkenal adalah William Stern. Menurut aliran konvergensi, perkembangan individu itu sebenarnya ditentukan oleh kedua kekuatan tersebut. baik faktor dasar / pembawaan maupun faktor lingkungan/pendidikan kedua-duanya secara convergent akan menentukan / mewujudkan perkembangan seseorang individu. Sejalan dengan pendapat aliran ini Ki Hajar Dewantara, tokoh pendidikan kita juga mengemukakan adanya dua faktor yang mempengaruhi perkembangan individu yaitu faktor dasar/pembawaan (faktor internal) dan faktor ajar / lingkungan (faktor eksternal).
Menurut Elizabeth B. Hurluck, baik faktor kondisi internal maupun faktor kondisi eksternal akan dapat mempengaruhi tempo/kecepatan dan sifat atau kualitas perkembangan seseorang. Tetapi sejauh mana pengaruh kedua faktor tersebut sukar untuk ditentukan, lebih-lebih lagi untuk dibedakan mana yang penting dan kurang penting.
Selain faktor-faktor yang tersebut di atas, masih ada lagi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan anak didik, diantaranya adalah faktor teman sebaya, keragaman budaya dan faktor media massa.
4. Teori Naturalisme
Teori ini dikemukakan oleh Rosseau yang menurutnya manusia itu pada dasarnya baik, ia menjadi jahat dan buruk karena pengaruh kebudayaan.
5. Teori Rekapitulasi
Teori rekapitulasi mengatakan bahwa perkembangan individu merupakan ulangan perkembangan jenisnya
1. Aliran Nativisme
Aliran nativisme mengatakan bahwa perkembanagan individu itu semata-mata ditentukan oleh factor-faktor yang dibawa sejak lahir (natus).anak sejak lahir membawa sifat-sifat dan dasar-dasar tertentu yang dinamakan sifat bawaan.
Para ahli yang mengikuti paham nativisme menunjukan berbagai kemiripan dan kesamaan antara orang tua dan anaknya,misalnya jika ayahnya seorang musisi yang pandai memainkan musik maka bakat seni akan mengalir pada anaknya sehinga anaknya pun bisa atau pandai bermain musik.keistimewaan yang dimiliki orangtua pasti dimiliki oleh anaknya.
Sifat bawaan tersebut mempunyai peranan penting dalam perkembangan individu.pendidikan dan lingkungan tidak ada pengaruhnya terhadap perkembangan anak akibatnya para ahli mempunyai pandangan pesimistis terhadap pengaruh pendidikan
2. Aliran Emperisme
Menurut aliaran Emperisme bahwa perkembangan individu itu semata-mata ditentukan oleh factor dari luar(lingkungan).sedangkan pembawaan tidak memeiliki peranan sama sekali.Tokoh aliran emperisme adalah Jhon locke(1632-1704)yang terkenal dengan teori “tabularasa”ia mengatakan bahwa anak yang lahirdidunia seperti kertas putih yang belum terdapat coretan,akan dijadikan apa kertas itu terserah kepada yang menulisnya.
Aliran emperisme menimbulkan optimisme dalam bidang pendidikan.segala sesuatu yang terdapat pada manusia dapat diubah oleh pendidikan seperti watak,sikap,dan tingkah laku manusia dapat diubah dengan pendidikan.pendidikan dipandang mempunyai pengaruh yang tak terbatas.
Keburukan yang timbul dari pandangan ini adalah anak tidak diperlakukan sebagai anak ,tetapi diperlakukan menurut keinginan orang dewasa,pribadi anak sering diabaikan dan kepentinganyadilalaikan.
3. Aliran Konvergensi
Aliran yang tampak menengahi kedua pendapat aliran yang ekstrem di atas adalah “aliran konvergensi” dengan tokohnya yang terkenal adalah William Stern. Menurut aliran konvergensi, perkembangan individu itu sebenarnya ditentukan oleh kedua kekuatan tersebut. baik faktor dasar / pembawaan maupun faktor lingkungan/pendidikan kedua-duanya secara convergent akan menentukan / mewujudkan perkembangan seseorang individu. Sejalan dengan pendapat aliran ini Ki Hajar Dewantara, tokoh pendidikan kita juga mengemukakan adanya dua faktor yang mempengaruhi perkembangan individu yaitu faktor dasar/pembawaan (faktor internal) dan faktor ajar / lingkungan (faktor eksternal).
Menurut Elizabeth B. Hurluck, baik faktor kondisi internal maupun faktor kondisi eksternal akan dapat mempengaruhi tempo/kecepatan dan sifat atau kualitas perkembangan seseorang. Tetapi sejauh mana pengaruh kedua faktor tersebut sukar untuk ditentukan, lebih-lebih lagi untuk dibedakan mana yang penting dan kurang penting.
Selain faktor-faktor yang tersebut di atas, masih ada lagi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan anak didik, diantaranya adalah faktor teman sebaya, keragaman budaya dan faktor media massa.
4. Teori Naturalisme
Teori ini dikemukakan oleh Rosseau yang menurutnya manusia itu pada dasarnya baik, ia menjadi jahat dan buruk karena pengaruh kebudayaan.
5. Teori Rekapitulasi
Teori rekapitulasi mengatakan bahwa perkembangan individu merupakan ulangan perkembangan jenisnya
0 comments: